history,

Mlaku-Mlaku Ing Makam Bung Karno

11:06 AM ndeso-traveller 6 Comments




Pada hari minggu kuturut gadis desa ke makam

Kududuk dimuka sambil nyetir motor ke makam bung karno
Si iis gak mau nyetir, aku jadi sengsara
Tapi demi blog ndeso traveller aku terus berjuang
Greg..greng..Ganbatte kudasai…biarin kagak nyambung dah




  

 ___________________________________________________



Begitu kiranya kalau kita lagi liburan ke makam bung karno, kita mah orang blitar asli jadi sering banget ke Makam Bung Karno ini. Eh jadi lupa salam, Assalamu’alaikum Wr Wb kawan-kawan yang ada didalam negeri maupun mancanegara. Kalau diliat dari namanya yakni  Makam Bung Karno jangan ngira isinya cuman  makam aja mbk bro pak bro, isinya ya lumayan menarik misalnya terdapat galeri disisi timur dan disisi barat serta utara terdapat perpustakaan yang memuat lebih dari 8000 buku bervariasi. Tapi banyak perubahan yang terjadi selama ini mulai dari adanya buku raksasa yang bertuliskan ploklamasi dideket parkiran sisi timur pintu masuk perpustakaan bung karno, dulunya gak ada tapi kayaknya mulai 2 tahun atau lebih lama dari itu baru ditaruh itu buku. Kalau kesini hindarilah hari libur kawan karena ramai biut tambahan kalau liburan sekolah kayak liat lautan manusia lagi berkerumun di makam ini.

Ayo kita ajak kalian masuk ke makam bung karno yang mana kalau diliat dari udara bentuknya kayak struktur candi penataran. Semula memang hanya makam bung karno saja yang didirikan disini namun mulai dibangun perpustakaan sejak tahun 2004. Kalau mau kesini letaknya deket kok cuman 3 km dari sebelah utara pusat kota. Kalau naik kereta api dari stasiun blitar lalu naik becak atau kalau gak delman, kalau situ-situ nyari angkot kagak ada yang lewat sini. Tiket masuk gak usah dipikirin! tenang bae gratis..gratis tis tis..gratis memang kata yang sangat menyenangkan bagi kami berdua wkwkwk.
Kalau udah nyampe area makam jangan langsung ke makam deh mampir dulu ke galerinya dan bisa foto-foto disana jamanku SMP belum boleh foto diarea ini tapi sekarang saget mawon. Banyak lukisan disini spesial pakai telurnya yakni banyak lukisan gambar bung karno beserta keluarga tapi ada juga koper beliau dan baju beliau. Yang paling istimewa ada perangko emas didalam galeri, andai gak banyak orang diembat juga nih perangko lumayan buat beli es pleret. Di galerinya jangan lupa buat buktiin lukisan bung karno yang bisa berdegup sendiri, maksudnya ada lukisan bung karno yang di bagian dada beliau terlihat bergerak sendiri padahal gak ada hujan bahkan badai disana.
Keluar galeri ketemu dah ma bung karno versi patungnya yang dengan tenang lagi duduk memandang kea rah selatan, kalau diliat lebih teliti bagian sepatunya agak berbeda ya. Itu terjadi karena banyak orang menyentuh bagian kaki yang terselimut sepatu coklat. Ada mitos yang mengatakan kalau kita dapat menyentuh kaki patung itu maka keinginan kita akan terkabul. Bener enggaknya ya kepercayaan sendiri-sendiri ya. Sebelah barat terdapat perpustakaan yang cukup luas berdinding kaca berlantai dua. Kalau mau masuk kudu titipin tas dulu, tempatnya cozy bisa buat belajar, wifi-an, seminar dan foto-foto kalau berani malu karena kaca men.
Di area sekitar makam banyak juga yang jualan mainan dan es potong si es jadul itu tapi kalau aku sih lebih pengen mainan lele-nya sayang malu sama umur. Ada juga perpustakaan buat anak-anak dibelakang galeri bung karno yang disampingnya ada kolam yang cukup lumayan panjang sama empangku dibelakang rumah aja kalah.  Di dalam perpustakaan anak ini terdapat banyak bacaan anak-anak dan tempatnya lumayan sepi kalah sama perpustakaan yang bertingkat, mungkin karena isinya anak-anak tapi kadang aku juga banyak baca di perpustakaan itu karena bacaannya gak berat heheheh

Di samping kolam terdapat dinding berhiaskan relief ploklamasi serta relief pada saat perjuangan dulu sedangkan disamping galeri dan perpustakaan ada gong perdamaian yang telah berubah dari masa ke masa. Yang kami foto ini model paling updatenya karena baru direnovasi tahun kemaren 2014. Jalan sedikit sudah ketemu panggung pertunjukan bertingkat gitu, kalau beruntung bisa liat drama disini.
The last spot is makam bung karno, ketika memasuki pelataran makam kita akan diperliatkan pendopo dan masjidnya yang berdiri di sisi kanan serta kiri makam. Ada batu besar yang berdiri di dekat makam kedua orang tua bung karno dan banyak banget peziarah yang dating dan mendoakan beliau. Alhamdulillah masih banyak yang ingat sama pahlawan yang membuat Indonesia merdeka dan dikenal dunia ini. Mlaku-mlaku (red: jalan-jalan) kesini bukan hanya sekedar vacation aja tapi belajar untuk mengingat perjuangan bapak presiden pertama yang sangat dikenal fenomenal oleh bangsa lain maupun masyarakat Indonesia sendiri
.
Terima kasih Ir.Soekarno meski engkau telah tiada namun engkau selalu membawa berkah bagi kami  warga Blitar sehingga sampai sekarang engkau tetap terkenang bukan hanya sebagai sejarah tapi inspirasi bagi kami yang muda. Semoga tanah Blitar menjadi dikenal bukan hanya karena dirimu tapi juga karena putra putrinya yang membanggakan bangsa

Salam gadis desa, Wassalamu’alaikum Wr.Wb


6 komentar:

  1. Wah saia belum pernah berkunjung ke blitar ni, smoga dalam waktu dekat ada kesempatan plesir ke blitar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dalam waktu deket bisa berkunjung ke kota kecil kami yang menawan #promosi
      amiin

      Hapus
  2. Prngen deh kesini ..moga2 someday kesampean

    BalasHapus
  3. dakuw belum pernah main ke blitar...mauuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayok".. banyak wisata menarik loh di blitar,
      terutama makanannya itu yg enak" dan terjangkau.. :D

      Hapus