candi,

Candi penataran mata hati wisatawan (Baper edisi ke-4)

6:32 AM ndeso-traveller 0 Comments



Assalamu alaikum Wr Wb
Jumpa lagi dengan kami para jilbab traveller yang berasal dari desa kecil di kota Blitar, Dwi dan Iis. Kali ini masih dalam edisi baper Park Bo Gum kami akan menunjukan candi yang sering banget dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan warga negara asing. Bisa dibilang tak lengkap bila berkunjung ke blitar jika tidak mengunjungi candi penataran. Kenapa candi penataran bisa dibilang sangat istimewa?



Nah candi penataran ini adalah candi terbesar di jawa timur sehingga candi ini masuk pula dalam brosur ataupun website wisata Indonesia. Hal ini pernah ditanyain sama mbak dwi waktu ada bule yang gak sengaja ketemu di penataran beberapa tahun yang lalu. Mbak dwi sampe ternganga liat ada bule nyasar di Penataran, Blitar kan kota kecil ditambah banyak loh yang gak tahu kota ini ada di propinsi mana, pastinya heran banget kalau ada bule nyasar ke Blitar. Si bulenya curhat kalau dia tahu penataran itu dari brosure tourism Indonesia. Dari situlah kita tahu bahwa candi Penataran ini populer alias terkenal bingits.



Setelah di telususri lebih dalam ternyata candi penataran bakalan rame didatangi wisatawan asing pada bulan Agustus (info disediakan oleh pedagang sekitar). Bagi kalian yang mungkin ada tugas mewawancarai warga asing bisa berkunjung ke candi ini pada bulan tersebut. Ada juga sih bule-bule yang dateng di bulan lainnya tapi cuman beberapa saja.



Candi penataran milik kota blitar memang jelas berbeda dengan candi lainnya. Tahu kenapa!?! Penataran memiliki komplek candi yang luas dan sangat terawat. Luasnya mencapai
12.946 meter persegi berjajar membujur dari barat laut ke timur dan tenggara. 



Di dekat candi juga ada kolam ikan yang gak biasa yang mana airnya bening banget saking jernihnya kalian tidak bisa membedakan mana air mana kaca. Air pada kolam ini juga abadi yang artinya tidak pernah kering meskipun kemarau datang.  Di sekeliling candi juga tersedia tempat duduk bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil melihat kemegahan candi penataran.




Pada bulan tertentu juga diadakan event-event  di area candi yang salah satunya adalah purnama seruling. Pada event tersebut disekeliling candi akan diberi lilin-lilin pada malam hari yang membuat pemandangan candi luar biasa indahnya. Sayang banget event kayak gitu belum pernah kita datangin karena diadakan pada malam hari cin T.T



Selain itu jajanan yang dijual para pedagag juga murah banget contohnya keripik ubi rambat atau keripik bayam harganya cuma sewu alias seribu rupiah bang. Eits meski harganya seribu rasanya gak murahan ya dan isinya lumayan banyak.



Kalau mau ke Penataran kalian gak bisa naik bis ataupun angkot. Letak penataran ini di  Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten BlitarJawa Timur, so kalau mau kesini naik ojek atau bawa transportasi pribadi aja. Kalau naik becak kasian becaknya eh maksudnya abang becaknya bisa tua mendadak abis jauh.



Rute paling gampang untuk ke candi penataran adalah dari Makam Bung Karno ke Utara lurus aja terus gak usah belok-belok. Terus sampai masuk Nglegok nanti ada arah-arahnya di kiri jalan jika kalian udah ketemu pertigaan yang kalau belok kiri ke penataran. Dari pertigaan itu udah deket kok mungkin sekitar kurang dari 2 km.




Segitu aje ya dari kita dan happy travelling, salam gadis desa
Wassalamu alaikum Wr Wb.

0 comments: