air terjun,

Dapet Salam Dari Tirto Galuh Kedung Malang

5:00 AM ndeso-traveller 1 Comments


Konichiwa minna!Anyeong haseyo yorobeun!
lah jadi jepang dan korea ini!!maklum imbas kebanyakan nonton anime dan korea drama nih.
Sayangnya jalan-jalan kita kali ini belum mengizinkan kita buat kesana mungkin suatu hari nanti ya, Amin.


Assalamu’alaikum Wr.Wb, pembaca ndeso traveler semua baik dikawasan Blitar atau sekitarnya. Kemaren tuh setelah tanggal 1, cie tanggal 1 nya dibicarain karena banyak yang gajian kali ya jadi bisa dolan alias jalan-jalan. Sabtu, 4 April 2015 kita traveling ke daerah selatannya Blitar lho tepatnya ke Air Terjun Tirto Galuh a.k.a Kedung Malang yang letaknya 40 km dari kota Blitar. Air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab Blitar yang  berada tidak jauh dari Monumen Trisula.

Selama 19 tahun hidup di Blitar baru kali ini kita liat air terjun rasanya tuh WOW nya disini. Kali ini kami cuman berdua semula sih maunya berenam tapi apa daya yang lain lagi sibuk sendiri namun enak juga kalau berdua gini yang narsis cukup dua orang aja heheheh. Sabtu pagi yang ceria sipaijo alias motor ijo yang biasanya dipakai traveling telah siap untuk  ke Air Terjun Tirto Galuh Kedung Malang yang katanya si Iis di Kademangan padahal sih letaknya gak dikademangan lebih jauh lagi (dasar Iis emang buta jalan tuh anak!?!)




So kita bergegas kesana dengan bekal yang telah siap ditas, kita ngambil rute dari Minggirsari jalan lurus ke barat sampai tembus jalan besar menuju Kademangan dengan melewati jembatan yang new banget dan paling gede di Blitar. Mengambil rute ke Tambakrejo yakni Kademangan lurus ke selatan hingga ketemu tuh perempatan yang ke arah Tambak dan Goa Embultuk lalu kita pilih yang goa Embutuk.



 Jalan aja lurus sampai ketemu Monumen Trisula nah barulah kita belok kanan dikit ketemu pertigaan dan plang nama goa Embultuk 8 kilometer sedangkan Air Terjun Tirto Galuh cuman 500 meter lagi, ingat cuman 500 meter lagi!!deket banget pokoknya kalau udah ketemu plang yang kusebut tadi tuh.

Sepanjang jalan yang aku pikirkan cuman gimana parkirnya kan kalau nitip dirumah warga was-was juga karena ya itu takut ilang  tapi untung aja ada tempat parkirnya. Wisata air terjun ini resmi dibuka bulan februari 2015 jadi jalannya menuju area wisata juga udah bagus bahkan waktu aku kesana pengunjungnya lumayan banyak. Tidak ada tiket masuk free ongkir (kayak olshop ae)  cuman ongkos parker sebesar Rp.2.000



Tidak usah khawatir akan naik turun tangga karena areanya tidak membuat kaki anda lelah berjalan kawan sebab air terjun ini letaknya kayak dibelakang pekarangan rumah gitu dan ada beberapa warga yang membuka lapak berjualan makanan ringan dekat air terjun tersebut. Cukup 10 menit jalan santai udah nyampe depan Air Terjun Tirto Galuh.

Subhanallah indahnya WOW banget gak terlalu tinggi sih paling cuman 3-5meter dan tersusun atas tiga tingkatan. Tingkatan paling bawah yang paing tinggi dan airnya deras yang mengalir ke kolam yang cukup luas. Eh bukan kolam ya harusnya tapi melihat cekungan yang membentuk persegi panjang layaknya kolam renang.

Airnya hijau biut namun kata si Iis gadis desaku ini yang ke air terjun ini beberapa kali karena ketagihan kadang airnya keruh setelah hujan datang  namun pas kita berdua pertama kali kesini airnya jernih dan hijau dan sekelilingnya dilengkapi dengan batu putih yang seputih awan.

Menuju tingkatan kedua air terjun ini sebaiknya jangan tanya bagaimana kita kesana, geleng-geleng deh. Kami menyusuri pipa panjang untuk menuju keatas air terjun dan jalannya pun lumayan licin namun semua itu terbayarkan karena ternyata pemandangannya jauh lebih indah bu bro pak bro. Pokoknya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata bahkan sungainya tidak dalam hingga anak kecil bisa bermain-main atau sekedar berenang ditingkatan kedua ini. Airnya juga jernih dengan arus yang tenang dan diujung terdapat air terjun yang lebih rendah dengan batu besar yang seperti karang disekitarnya. Pokoke indah jadi gak mau pulang hahahah.




Katanya Iis tingkatan paling atas bisa didaki , aku juga baru tahu sih dan belum membuktikannya namun sigadis desa ini sudah mencoba, katanya sih harus manjat salah satu karangnya.  Aku jadi pengen kesana lagi deh kalau kayak gini,  untung si Iis ambil gambar air terjun yang paling atas jadi keponya berkurang duikit.

Over all puas banget bahkan kalau kalian teliti sebelum menuju air terjun ini kita akan menemukan air terjun mini yang airnya mengarah ke air terjunTirto Galuh (Kedung Malang) dan airnya yang indah mengalir dengan tenangnya namun ya itu kita baru sadar waktu pulangnya jadi cuman foto-foto dari kejauhan aja yang dapat kami sajikan.


Nah itu tadi petualangan hari ini!!semangat selalu menyusuri keindahan Blitar, buat kalian yang baca jangan lupa untuk ke tempat ini juga semoga apa yang kita sampaikan bermanfaat ya buat kalian. Salam bahagia dari dua gadis desa. Wassalamu alaikum Wr. Wb. 

1 komentar: